Wednesday, July 10, 2013

Mengusir Tikus Rumah dengan Mudah

Bagi sobat yang gemas dengan keberadaan tikus rumah, adakalanya sobat bingung menggunakan metode apa yang paling efektif dalam melakukannya. Alih-alih ingin cepat menyelesaikan masalah seputar hewan pengerat tersebut, justru rasa jengkel muncul akibat cara yang ditempuh tidak mendatangkan hasil yang optimal. Nah, untuk sebagai alternatifnya, berikut saya sajikan prinsip utama mengusir tikus rumah dengan mudah.

Sebenarnya, untuk dapat mengusir tikus rumah dengan mudah, ada 3 (tiga) prinsip dasar yang harus kita pahami terkait sifat dan perilaku tikus itu sendiri, baik sebagai hewan pengerat yang memiliki indera penciuman yang sangat tinggi maupun sebagai binatang malam yang suka dengan kegelapan. Untuk jelasnya, berikut tiga prinsip dasar cara mengusir tikus rumah tersebut:

Mengusir Tikus Rumah dengan Mudah
Menutup akses masuk
Menutup semua lubang, celah, maupun jalan masuk yang biasa dilewati tikus akan sangat membantu kita meminimalisir kedatangan hewan pengerat ini ke dalam rumah. Akses masuk ini umumnya berada di bagian atas atau atap yang memungkinkan tikus berpindah tempat. Bisa juga binatang kecil ini melewati lubang angin, lubang toilet, maupun pintu yang terbuka sewaktu sore/malam hari.

Meniadakan makanan sisa
Alasan utama tikus memasuki rumah kita sebenarnya hanya dua hal, yakni untuk mencari makanan dan tempat berlindung. Nah, dengan demikian, usahakan sobat tidak menaruh makanan sembarangan sehingga aromanya dapat dicium hewan kecil ini. Letakkan juga tempat sampah sisa makanan di luar rumah untuk menahan tikus memasukinya. Jaga kebersihan ruangan dan bersihkan tempat-tempat yang potensial untuk dijadikan sarang hewan pengerat tersebut.

Menabur bebauan yang tidak disukai tikus
Untuk memberi efek enggan pada tikus, jika perlu tabur atau semprotkan bebauan atau wewangian yang tidak disukai tikus, baik aroma kopi, minyak kayu putih, durian, cengkeh, maupun bebauan lainnya. Namun demikian, jangan kesampingkan mood sobat semua dengan wewangian yang belum tentu sobat sukai. Manfaatkan aroma yang enak dicium orang namun membuat tikus pusing.

Itulah sekilas tips seputar cara mengusir tikus rumah dengan mudah. Untuk informasi detail dari masing-masing prinsip, sobat dapat membaca artikel-artikel lain di blog ini untuk diikuti dan diterapkan di lingkungan sobat. Memang saya tidak menjamin semua metode dapat diterapkan dengan baik, namun dengan memahami, mempelajari, dan menerapkan ketiga prinsip tersebut, setidaknya sobat dapat meminimalisir keberadaan tikus di rumah. Semoga bermanfaat. Salam.

5 comments:

 
Powered by Blogger.