Wednesday, March 18, 2015

Usir Tikus dengan Kapur Barus

Bagi sobat yang saat ini menghadapi masalah tikus di rumah, berikut saya sajikan tips usir tikus dengan kapur barus. Tips ini menjadi salah satu cara jitu untuk mencegah tikus berkembang bias di tempat-tempat tersembunyi di dalam rumah kita, yang tentunya akan mendatangkan aneka risiko bagi seluruh anggota keluarga.

Ide mengusir tikus dengan kapur barus memang sederhana, yakni memanfaatkan salah satu kelebihan tikus itu sendiri, yaitu indera penciuman yang sangat tajam namun tidak menyukai bau-bau menyengat, yang salah satunya adalah kapur barus tersebut. Nah, lalu bagaimana memanfaatkan kapur barus ini untuk mengusir tikus? Berikut urutannya:

  1. Siapkan kapur barus yang baunya menyengat, usahakan memakai kapur barus jenis kamper yang khas menyengat;
  2. Bersihkan tempat-tempat yang diduga menjadi tempat persembunyian tikus, khususnya jika telah ada bekas-bekas kotorannya sehingga baunya cukup steril;
  3. Tebar kapur barus pada sudut-sudut lokasi yang telah sobat bersihkan itu secara merata sehingga tempat itu hanya mengeluarkan bau menyengat dari kamper tersebut;
Usir Tikus dengan Kapur Barus

Pada beberapa kesempatan, mengusir tikus dengan kapur barus cukup efektif dilakukan pada lokasi-lokasi tertentu seperti diantaranya:

Lemari pakaian
Tumpukan pakaian membuat kondisi almari semakin lembab dan apek. Tikus menyukai tempat-tempat seperti ini karena selain sesuai dengan baunya, bahan untuk membuat sarang pun, yaitu kain, tersedia melimpah. Tidak mengherankan ketika binatang-binatang pengerat ini sangat menyukai almari pakaian sebagai sarangnya. 

Gudang
Gudang umumnya dipenuhi dengan aneka jenis barang bekas yang sering mengeluarkan bau yang kurang sedap. Kondisi inilah yang disukai tikus sehingga menjadi salah satu tempat favorit bagi mereka untuk bersembunyi, atau bahkan berkembang biak. Dengan takaran yang tepat, bau apek di gudang dapat kita netralisir dengan kapur barus sehingga tikus enggan bersarang.

Filling cabinet
Tumpukan kertas yang jarang dibuka akan menyebabkan bau apek sehingga menjadi salah satu tempat kesukaan tikus. Jika tidak sering dibersihkan, bukan mustahil tikus akan membangun sarangnya di tempat ini dengan bahan-bahan kertas yang lebih dulu dicabik-cabik. Untuk itu, kita bisa menebar kapur barus untuk mencegahnya.

Itulah sekilas tisp atau cara Usir Tikus dengan Kapur Barus. Selamat mempraktekkan di rumah sobat sekalian. Ingat, tips ini sekedar sebagai upaya preventif sehingga akan sangat efektif tempat-tempat yang telah disebutkan tadi belum terkontaminasi oleh kotoran tikus. Semoga bermanfaat. Salam.

Kategori:

1 comments:

 
Powered by Blogger.