Tuesday, June 11, 2013

Alat Pengusir Tikus Elektronik

Permasalahan seputar keberadaan tikus yang mengganggu lingkungan sekitar memang telah lama menjadi bahan kekhawatiran bagi mereka yang memahami dampak yang ditimbulkan oleh binatang pengerat ini, baik rusaknya barang-barang penting hingga penyakit berbahaya yang dibawanya. Tidak heran jika manusia seolah berlomba menciptakan alat untuk melenyapkannya dari lingkungan, yang salah satunya berwujud alat pengusir tikus elektronik. Bagaimana alat ini bekerja? Mari kita telusuri.

Alat pengusir tikus elektronik sebenarnya mengadopsi cara-cara tradisional yang pernah dilakukan sebelumnya, yakni dengan memanfaatkan ketajaman indera tikus itu sendiri, yakni indera penciuman serta pendengaran. Pada perkembangannya, sejumlah rangkaian elektronik pengusir tikus pun diciptakan dan pada beberapa kesempatan, ternyata efektif mengusir hewan pengerat tersebut. 

Alat Pengusir Tikus Elektronik
Alat pengusir tikus elektronik berbasis bebauan
Tentu kita pernah mendengar bahwa tikus sangat tidak suka dengan bau-bau menyengat. Indera penciumannya yang tajam membuat binatang kecil ini mampu mendeteksi bebauan dari jarak yang cukup jauh. Dari beberapa bau yang tidak disukai tikus, seperti bau tembakau, kopi, mint, kayu putih, cengkeh, hingga durian, terciptalah sebuah rangkaian alat elektronik pengusir tikus berbasis semprot bau otomatis yang  mengandung aroma dari bahan-bahan tersebut.

Alat pengusir tikus elektronik berbasis suara
Tikus juga memiliki indera pendengaran yang sangat bagus. Hewan pengerat ini mampu mendengar suar-suara dengan frekuensi tertentu dalam jarak yang cukup jauh. Kelebihan ini ternyata justru dimanfaatkan para pencipta rangkaian elektronik untuk menirukan suara jangkrik yang memang suaranya sangat tidak disukai tikus. Dengan frekuensi tertentu, alat ini dijual bebas di pasaran.

Perbedaan mencolok dari  alat pengusir tikus elektronik yang modern cara dengan cara mengusir tikus tradisional adalah dibutuhkannya tenaga listrik atau baterai. Tenaga ini umumnya harus selalu on sehingga kinerja alat dapat optimal. Jika tenaga hilang/mati, alat tidak akan bekerja dan tikus dapat kembali berjaya. 

Nah, itulah sekilas ulasan tentang alat pengusir tikus elektronik. Intinya, semua alat modern bermula dari cara-cara tradisional yang dimodifikasi menjadi lebih praktis. Alat-alat tersebut bekerja berdasarkan kelemahan tikus itu sendiri sebagai hewan yang antipati terhadap beberapa hal, khususnya bebauan menyengat serta suara lengkingan tinggi. Semoga bermanfaat. Salam.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.