Thursday, March 12, 2015

Aneka Penyakit Berbahaya Akibat Tikus

Mayoritas dari kita tidak menyukai keberadaan tikus, baik karena membuat lingkungan tak sedap akibat kotorannya, rusaknya perabotan akibat gigitannya, maupun karena risiko penyakit yang mungkin saja dibawa binatang pengerat ini. Nah, khusus pada alasan yang terakhir, pada postingan kali ini, kami ingin menyajikan aneka penyakit berbahaya akibat tikus

Sebagai binatang yang biasa hidup di tempat-tempat kotor dan pengap, tikus menjadi penyebab dari beberapa penyakit berbahaya yang sebenarnya dapat kita hindari jika kita mampu menjaga lingkungan tetap bersih. Sebagai informasi yang mungkin saja berguna bagi sobat sekalian, berikut beberapa penyakit yang disebarkan oleh tikus, yang diantaranya adalah: 

Pes 
Pes kadang tidak hanya menginfeksi tikus-tikus besar, namun juga tikus rumahan yang ukurannnya lebih kecil. Kontak penyakit terjadi bukan karena gigitannya, namun melalui kutu yang ada pada bulu-bulunya. Wabah pes akan berakibat fatal jika sampai pada terjadinya infeksi pada manusia.

Salmonella 
Salmonella juga menjadi salah satu penyakit berbahaya yang dibawa oleh tikus. Penyakit ini menyebar ke manusia melalui kontak dengan kotoran tikus, terutama melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi. Selain manusia, penyakit ini juga kadang menyerang hewan peliharaan.

Tifus
Tifus merupakan penyakit yang ditularkan dari tikus melalui gigitan kutu. Meski dapat diobati dengan antibiotik, tetapi penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada orang tua atau orang yang kondisi kesehatannya lemah. Gejala penyakit ini seperti muntah, demam, sakit kepala, dan batuk.

Leptospirosis 
Penyakit ini dapat menyerang manusia, mamalia lain, dan juga pada burung, amfibi, maupun reptil. Penyakit ini ditularkan melalui urin atau air mani tikus yang terkontaminasi dan terjadi kontak dengan mata, selaput lendir, atau kulit yang rusak. Gejala dari penyakit ini seperti flu (muntah, demam , mialgia, sakit kepala intens), dan fase yang lebih serius dapat menyebabkan meningitis, kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kematian.

Cacing pita 
Cacing pita ini dapat menyebar ke manusia yang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan kotoran tikus (atau ketika tangan hanya dikotori oleh kotoran dan tidak dicuci sebelum makan). Parasit ini menetas dalam usus di mana mereka tumbuh dan berkembang biak.

Itulah beberapa penyakit berbahaya akibat tikus yang perlu kita ketahui. Mencegah lebih baik daripada mengobati sehingga cara terbaik untuk terhindar dari berbagai penyakit yang dibawa tikus tersebut adalah dengan menjaga rumah atau lingkungan kita dari binatang pengerat kecil ini. Selamat mengusir tikus. Salam. 

Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.