Saturday, July 12, 2014

Membuat Perangkap Tikus Sederhana

Bagi sobat yang masih menghadapi masalah tikus di rumah, kali ini akan saya sajikan cara membuat perangkap tikus sederhana. Bahannya pun tidak harus mahal serta selama ini terbukti efektif menangkap tikus rumah ukuran sedang. Bagaimana caranya? Berikut info lengkapnya.

Menangkap tikus rumah memang gampang-gampang susah, terlebih jika kita tidak tahu tempat-tempat mana yang mereka sukai. Selain itu, tikus juga sangat cerdas untuk masuk pada jebakan yang memang diperuntukkan baginya, khususnya yang terbuat dari besi strimin sehingga sebagai alternatifnya, silahkan menyiapkan peralatan sederhana ini:

Membuat Perangkap Tikus Sederhana

  • Tempat sampah kotak ukuran sedang
  • Tali rafia
  • Minyak goreng bekas
  • Sisa makanan 
Langkah-langkah membuatnya juga tidak terlalu sulit, yaitu:

  1. Letakkan kotak sampah dimana tikus sering berada dengan lobang menghadap keatas;
  2. Ikat tempat sampah pada tiang atau benda yang tidak mudah roboh;
  3. Masukkan sedikit minyak kedalam kotak sampah
  4. Taruh makanan di tengah kotak
Umumnya, tikus akan mencari sisa-sisa makanan di dapur. Nah, untuk menangkap tikus rumah, bersihkan semua sisa makanan yang ada dan pastikan sisa makanan yang telah sobat taruh di kotak sampah tersebut satu-satunya sumber makanan yang mereka cari. Dengan cara ini, tikus akan berusaha memasuki kotak sampah tersebut.

Minyak goreng bekas yang sudah sobat masukkan dalam kotak sampah akan membuat gerakan si tikus menjadi terbatas karena licin. Hal ini mencegah binatang pengerat ini untuk menjangkau bagian atas kotak, meski dengan berusaha meloncat sekalipun. Sementara itu, tikus lain juga akan mengikuti masuk karena mencium makanan dari dalam kotak tersebut.

Nah, di pagi harinya, sobat akan menemukan beberapa tikus telah mandi minyak terjebak dalam kotak. Pada kondisi ini, silahkan sobat memperlakukan tikus secara tikusiawi, boleh mengancam dan melepaskannya atau terserah kemauan sobat. 

Demikain tips sederhana cara menangkap tikus rumah yang membandel. Pastikan tempat sampah yang sobat pakai cukup tinggi agar tidak terjangkau loncatan tikus. Untuk tikus wirok dan sebnagsanya, silahkan sobat gunakan kotak sampah yang sesuai ukuran. Semoga bermanfaat. Salam.

2 comments:

  1. wah idenya bagus dan sederhana, mau coba ah

    ReplyDelete
  2. wah keren nih, ane juga punya punya tips tentang cara membuat perangkap nyamuk nih siapa tau bisa menambah wawasan kita, http://jendelasehatq.blogspot.com/2014/08/cara-mengusir-nyamuk-yang-alami-dan-aman.html thanks :)

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.